IMPLEMENTASI ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY UNTUK MENENTUKAN RUTE TERPENDEK DALAM PENDISTRIBUSIAN KRIPIK BUAH (STUDI KASUS ANTA KRIPIK, MALANG)

  • Lalu Nasrullah Wiranda Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pencarian rute terpendek, Algoritma Artificial Bee Colony, Pendistribusian

Abstract

Pendistribusian kripik buah di anta kripik malang di anggap masih kurang efisien karena memakan banyak waktu, tenaga dan biaya di karenakan jarak pabrik dengan pelanggan tidak berurutan dan lumayan rumit. Oleh karena itu di butuhakan sebuah aplikasi untuk menentukan rute terpendek yang memudahkan pendistribusian sekaligus menghemat waktu, tenaga dan biaya. Dalam aplikasi pencarian rute terpendek ini penulis menggunakan metode algoritma artrificial bee colony.
Pada penlitian ini penulis menggunkan jarak antar kelurahan sebagai parameter yang di gunakan untuk pencarian jalur terpendek data yang di gunakan adalah data pelanggan prusahaan Anta Kripik buah, Malang sebanyak 20 kelurahan di kota Malang, karena penelitian ini tidak menggunakan jarak sesungguhnya pada alamat toko. Aplikasi di bangun berbasis desktop dengan menggunkan Ms visual basic 2008 Ms SQL server 2012
Pengujian yang dilakukan terdiri dari dua yaitu pengujian user, yang di lakukan dengan menyebarkan konsioner kepada 20 responden dan pengujian fungsi atau performa yang di lakukan kepada Windows 7. Hasinyalnya menujjukan 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-28