Implementasi Teaching Factory Di SMK YPM 8 Sidoarjo

  • Achmad Yus’ad Afandi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Teaching factory, tujuh parameter, sekolah kejuruan.

Abstract

Evaluasi pelaksanaan pembelajaran teaching factory di SMK YPM 8 SIDOARJO bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan teaching factory di program keahlian teknik pemesinan SMK YPM 8 SIDOARJO. Pembelajaran teaching factory diberikan oleh sekolah kejuruan pada siswa yang telah lulus agar mereka siap untuk mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengunakan pendekatan tujuh parameter yang bersumber pada instrumen SED-TVET. Populasi penelitian adalah peserta didik, guru produktif, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kepala sekolah yang menjalankan teaching factory di sekolah tersebut. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan SMK YPM 8 SIDOARJO belum menerapkan proses pembelajaran teaching factory dalam mata pelajaran produktif, dengan persentasi sebesar 41,93%., kegiatan managemen pelaksanaan teaching factory sebesar 26.67%, pengelolaan bengkel atau laboratorium sebesar 64%, pola pembelajaran training sebesar 42,86%, pemasaran teaching factory sebesar 24%, produk dan jasa sebesar 68%, sumber daya manusia dalam pengelolaan teaching factory sebesae 48% serta hubungan industri sebesar 20%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02