Analisis RFM (Recency, Frecuency, Monetary) untuk Menentukan Indeks Produk pada Permainan Travel Agency

  • Muhammad Ainul Yaqin Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ismatul Habibatul Rohmah Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rico Rahadika Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Travel Agency; Analisis RFM; Indeks Produk; Regresi

Abstract

Peningkatan dan perbaikan kualitas suatu perusahaan yang memberikan pelayanan produk berupa barang atau jasa diperlukan untuk mempertahankan eksistensi dan meningkatkan pelayanan serta mengupgrade level perusahaan. Hal tersebut mengharuskan perusahaan untuk menganalisa RFM (Recency, Frecuency, Monetary) pada transaksi-transaksi yang telah dilakukan. Mempelajari perilaku setiap jenis pelanggan dengan membandingkannya terhadap produk yang dikeluarkan yaitu destinasi dan jenis tiket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tiket dan destinasi yang banyak diminati oleh setiap jenis pelanggan. Jenis tiket dan destinasi yang banyak diminati oleh setiap jenis pelanggan dapat diketahui pada tabel RFM, sedangkan untuk pelanggan dengan potensi memberi keuntungan lebih pada perusahaan dapat diketahui melalui analisis lebih lanjut yaitu ketika dirinci berapa dollar yang dikeluarkan untuk tiket wisata pada setiap transaksi. Studi kasus dalam penelitian ini yaitu game Travel Agency yang merupakan permainan berbasis desktop dan memberikan peran Manajer perusahaan kepada pemain. Metode yang digunakan yaitu Regresi, model yang digunakan untuk mencari nilai indeks produk secara keseluruhan yaitu analisis RFM (Recency, Frecuency, Monetary).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02