PERANCANGAN KONSTRUKSI SEPEDA DISABILITAS BERBASIS ELEKTRIK

  • Ilmi Achmat Sayiban D3 Teknik Mesin ITN Malang
  • Peniel Immanuel Gultom D3 Teknik Mesin ITN Malang

Abstract

Sepeda untuk difabel adalah suatu sarana mobilitas dengan roda lebih dari dua, yang memiliki kemudi, tempat duduk dan penggerak menunjang kegiatan sehari-hari tunadaksa. Perancangan konstruksi rangka pada sepeda ini bertujuan untuk mengetahui jenis bahan, kekuatan, dan proses pengerjaan sepeda tersebut.


Setelah melakukan beberapa survey lapangan. Beberapa keluhan dari para pengguna sepeda disabilitas yaitu kurang praktisnya sepeda yang sudah dijual di pasaran dan juga harga yang terlalu mahal, selain itu kendala pengoperasian juga dikeluhkan.


Dari survey tersebut dapat disimpulkan untuk membuat alat yang sesuai dengan keinginan para kaum difabel. Setelah melakukan pemikiran yang panjang diperoleh ide untuk membuat suatu alat dengan pengoperasian sepeda difabel yang tidak membutuhkan biaya banyak, secara keseluruhan perancangan sepeda disabilitas berbasis elektrik ini mampu beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.


Kata kunci : Sepeda Difabel, Konstruksi, Kekuatan.

Published
Mar 9, 2018
How to Cite
SAYIBAN, Ilmi Achmat; GULTOM, Peniel Immanuel. PERANCANGAN KONSTRUKSI SEPEDA DISABILITAS BERBASIS ELEKTRIK. Jurnal SPARK, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 11-15, mar. 2018. ISSN 2614-5464. Available at: <http://ejournal.itn.ac.id/index.php/spark/article/view/1821>. Date accessed: 17 june 2019.
Section
Articles