UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM DI ZONA I PERUMDA AIR MINUM WAIR PUAN KABUPATEN SIKKA

  • Katharina Sulistia Siga Juang Teknik Lingkungan S-1 Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sudiro
  • Anis Artiyani

Abstract

PERUMDA Air Minum Wair Puan Kabupaten Sikka merupakan perusahaan daerah yang dibentuk guna memenuhi kebutuhan air penduduk. Zona 1 merupakan salah satu daerah layanan PERUMDA Air Minum Wair Puan Kabupaten Sikka. Pelayanan air bersih yang diperoleh penduduk zona 1 belum mencapai 24 jam. Penduduk zona 1 mendapatkan penyaluran air rata-rata selama 3 sampai 4 jam dalam sehari. Selain itu, terdapat masyarakat yang mengeluh karena pemenuhan akan air bersih yang terbatas akibat dari terjadinya kerusakan jaringan perpipaan. Tujuan dari penelitian ini ialah merumuskan strategi peningkatan pelayanan pada sistem penyediaan air minum Zona 1 Perumda Air Minum Wair Puan Kabupaten Sikka. Dalam penelitian ini dilakukan analisis dan evaluasi kebutuhan dan ketersediaan air, produksi air baku, dan analisis jaringan perpipaan. Analisis dan evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan permasalahan eksisting sistem penyediaan air minum sebagai dasar peningkatan pelayanan. Berdasarkan hasil evaluasi sistem penyediaan air minum, terdapat beberapa permasalahan yaitu penurunan debit produksi, tingginya tekanan air dalam pipa distribusi, dan kecepatan aliran air yang rendah pada pipa distribusi. Strategi yang perlu dilakukan guna menigkatkan pelayanan SPAM ialah peningkatan sarana dan prasarana unit produksi, dan perbaikan jaringan distribusi.

Kata Kunci : Air, Pelayanan, Perumda

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-29
Section
Articles