Penerapan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Prediksi Kebutuhan Beban Listrik

  • Purwoharjono Purwoharjono Universitas Tanjungpura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  memprediksi kebutuhan beban listrik. Prediksi kebutuhan beban listrik ini dilakukan dengan menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST). JST ini menggunakan algoritma backpropagation. Lokasi penelitian ini dilakukukan di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Peningkatan konsumsi listrik diwilayah Kota Pontianak mengalami peningkatan setiap tahunnya namun tidak diimbangi dengan pemenuhan energi listrik yang mencukupi.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari simulasi menggunakan algoritma backpropagation ini dapat dikatakan bahwa algoritma backpropagation ini  dapat bekerja dengan baik dalam mengenali data masukan yang diberikan ke sistem karena tingkat kesalahan menggunakan Mean Square Error (MSE) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) relatif kecil.  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
How to Cite
PurwoharjonoP. (2021). Penerapan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Prediksi Kebutuhan Beban Listrik. ALINIER: Journal of Artificial Intelligence & Applications, 2(1), 36-42. https://doi.org/10.36040/alinier.v2i1.3566