open access

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mencari perbedaan pemahaman konsep sistem
kendali elektromagnetik pada kelas A dengan penerapan model CTL dan kelas B dengan
model PBL menggunakan trainer. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi
Experimental Design dengan metode penelitian Certainty of Response Index. Subjek
dalam penelitian ini adalah kelas XII TITL SMKN 2 Probolinggo. Hasil Penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep sistem kendali elektromagnetik
antara kelas A dengan penerapan model CTL dan kelas B dengan model PBL
menggunakan trainer. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: (1)
nilai rata-rata, kelas A (79,4) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas B
(73,9); (2) n-gain score, kelas A (0,50) memiliki peningkatan pemahaman konsep lebih
tinggi dibandingkan kelas B (0,33); dan (3) ketuntasan pembelajaran, kelas A (85,71%)
memiliki ketuntasan pembelajaran lebih tinggi dibandingkan kelas B (68,57%).