Komparasi Penggunaan Jumlah Busi Dan Putaran Mesin Terhadap Kinerja Mesin Bensin Satu Silinder

  • Yuniarto Agus Winoko Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Achmad Fajarot Mauladhana Teknik Otomotif Elektronik Politeknik Negeri Malang
Keywords: jumlah busi; putaran mesin; kinerja mesin

Abstract

Pada proses pembakaran motor bensin 4 (empat) langkah terdapat proses kimia yang terjadi secara cepat dan singkat antara bahan bakar, udara, serta pemantik dalam ruang bakar. Ada dua kemungkinan yang terjadi pada proses pembakaran yaitu proses pembakaran sempurna dan tidak sempurna. Pembakaran tidak sempurna merupakan terjadinya bahan bakar yang tidak terbakar pada saat proses pembakaran. Penelitian ini bertujuan menyempurnakan pembakaran dengan metode menambahkan busi dalam satu silinder dengan waktu pengapian yang berbeda. Penambahan jumlah busi diharapkan dapat meningkatkan kinerja mesin daya, torsi dan Bmep. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sepeda motor 4 langkah 124,8 CC serta putaran mesin antara 1250 – 5000rpm. Pengujian dilakukan menggunakan dyno test dan dianalisa menggunakan metode eksperimental. Dari hasil pengujian menggunakan dyno test menunjukkan bahwa pada penggunaan satu busi menghasilkan daya maksimal sebesar 8,68 HP pada putaran 5000 rpm. Torsi pada pengujian satu busi menghasilkan torsi maksimum sebesar 5,60 Nm pada putaran 4000 rpm dan Bmep sebesar 1298,44 KPa pada putaran 4000 rpm. Pada penggunaan dua busi menghasilkan daya maksimal sebesar 8,94 HP pada putaran 5000 rpm. Torsi pada pengujian dua busi menghasilkan torsi maksimum sebesar 5,88 Nm pada putaran 4000 rpm dan Bmep sebesar 1363,02 KPa pada putaran 4000 rpm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-19