Penerapan Sistem Pembelajaran Daring untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Teknik Mesin S1 ITN Malang

  • Tutut Nani Prihatmi Institut Teknologi Nasional Malang
  • Maria Istiqoma Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris, e-learning

Abstract

E-learning merupakan pembelajaran yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tergantung pada kebutuhan sumber daya manusia (pengajar, dosen, instruktur, dan peserta didik), sehingga memiliki potensi yang sangat besar untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan khususnya Bahasa Inggris pada saat pandemic Covid19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan pembelajaran daring dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di ITN Malang dalam masa pandemi sekaligus dalam rangka memasuki era revolusi industri 4.0, dan evaluasi terhadap implementasinya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di ITN Malang pada semester genap 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Mesin S1 ITN Malang angkatan 2019 yang mengambil Mata Kuliah Bahasa Inggris. TKT pada penelitian ini adalah TKT 3, karena merupakan pembuktian konsep (proof-of-concept) dari e-learning tersebut dan menggunakan rancangan metodologi yang tersusun. Tiga platform yang dipakai selama pembelajaran daring Bahasa Inggris yaitu Whatsapp, LMS SPADA ITN Malang, dan Zoom telah cukup memadai, membantu penyampaian materi dalam pembelajaran, dan memudahkan dalam pengumpulan penugasan yang lebih terstruktur, meskipun ditemukan adanya beberapa kendala terkait kualitas jaringan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-16