Analisis Variasi Diameter Pulley pada Mesin Hidrolik Pencetak Batu Bata terhadap Sifat Mekanik menggunakan Metode Taguchi

  • Febi Rahmadianto Institut Teknologi Nasional Malang
  • Arif Kurniawan Institut Teknologi Nasional Malang
  • Gerald Adityo Pohan Institut Teknologi Nasional Malang
  • Rosadila Febritasari Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sixta Pratama Nurida Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: batu bata, mesin hidrolik, pulley

Abstract

Batu bata merupakan salah satu material yang digunakan dalam konstruksi. Pemanfaatan teknologi dalam pengolahan batu bata sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas batu bata di tengah pesatnya peningkatan pembangunan di Indonesia. Efektivitas sistem teknologi akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu yang disebabkan oleh pulley yang bekerja pada mesin tersebut. Sehingga pemilihan diameter pulley merupakan kunci utama untuk menghasilkan batu bata yang optimal ditinjau dari putaran pompa, tekanan fluida dan kekuatan impact dari hasil pencetakan batu bata tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sifat mekanik mesin hidrolik terhadap beberapa variasi diameter pulley yang digunakan pada mesin pencetak batu bata. Analisis variasi diameter pulley ini dilakukan untuk mendapatkan kerja mesin yang tetap baik dan tidak melebihi jangkauan sistem kerja standartnya dan menghasilkan cetakan batu bata yang optimal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai putaran pompa terhadap variasi diameter pulley pompa 3, 5dan 7 inci masing-masing adalah 1400 rpm, 840 rpm dan 600 rpm, sedangkan nilai tekanan fulida yang diperoleh pada masing-masing variasi diameter pulley pompa adalah 300 psi, 150 psi dan 100 psi. Untuk nilai rata-rata kekuatan impact, masing-masing diperoleh sebesar 0,05297 J/mm2, 0,04809 J/mm2 dan 0,04715 J/mm2 dan hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa hasil analisis Metode Taguchi menggunakan karakteristik kualitas yaitu Larger the better yang artinya pencapaian karakteristik kualitas semakin besar semakin baik.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi optimal hasil pencetakan batu dengan mesin hidrolik pencetak batu bata diperoleh pada puley pompa diameter 3 inci dengan waktu penekanan 10 detik, dan diameter pulley motor 3 inci dengan nilai putaran pompa  mesin hidroliknya adalah 1400 rpm, tekanan fluida 300 psi dan rata-rata kekuatan impact sebesar 0,05297 J/mm2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-13