PENGARUH RASIO GAS LPG DAN UDARA TERHADAP PERUBAHAN TEMPERATUR DAN TEKANAN PADA PEMBAKARAN DI MIKROKOMBUSTOR

  • Achmad Walid Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
Keywords: Microcombustion, Mikrokombustor, Air Fuel Ratio(AFR), Liquid Petroleum Gas ( LPG)

Abstract

Microcombustion menjadi penting dalam bidang riset akibat pertumbuhan pada sistem mikro dan microelectromechanical system (MEMS). Sistem mikro banyak ditemukan dalam elektronika portabel, sensor mikro, dan lainnya yang membatasi komponen baik pada ukuran maupun performansinya. Perkembangan teknologi di bidang penerbangan, biotechnology, industry kimia, teknologi informasi menjadikan miniaturisasi produk semakin disukai karena memberikan suatu kontrol yang lebih baik, pengukuran yang lebih presisi dan lebih flexible dari pada perangkat konvensional. Pembakaran, bagian penting untuk mengkonversikan energi kimia ke bentuk energi thermal dari berbagai jenis bahan bakar seperti hydrogen, gas alam, premium dan bahan bakar alcohol lainnya. Pada penelitian ini dibahas mengenai pembakaran gas LPG pada suatu mikrokombustor. Pembakaran mengikuti konsep dan metode pembakaran premix. Bahan bakar yang digunakan adalah jenis hidro karbon, karena densitas energi bahan bakar hidro karbon 20 – 50 kali lebih tinggi dari baterai li-ion. Eksperimen menunjukkan bahwa pembakaran pada mikrokombustor dengan bahan bakar gas LPG melalui periode pemanasan, periode perubahan fase, dan penyalaan . Pada proses penyalaan pada pembakaran gas LPG di mikrokombustor diperoleh tekanan maksimum (Pmax) sebesar 3745 Pa pada AFR 23. Pada proses penyalaan pembakaran gas LPG di mikrokombustor diperoleh lama terbakar rata-rata 0,35 detik. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-12-25