Analisis Perubahan Diameter Base Circle Camshaft Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor

  • Muhammad Shalahuddin Ghaly Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Yuniarto Agus Winoko Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
Keywords: Diameter, Camshaft, Daya, Torsi

Abstract

Di Indonesia kebutuhan kendaraan transportasi khususnya sepeda motor sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga digunakan sebagai kompetisi di ajang balap sepeda motor. Sepeda motor yang digunakan berbeda dengan sepeda motor yang digunakan untuk sehari-hari. Pada sepeda motor balap telah dilakukan modifikasi pada beberapa komponen yang bertujuan untuk meningkatkan daya dan torsi. Pada umumnya untuk meningkatkan daya dan torsi selain memodifikasi piston, memodifikasi sistem pengapian, memodifikasi sistem bahan bakar yaitu dengan memodifikasi sistem mekasnisme katup. Metode pengujian kinerja menggunakan ISO 1585 dikarenakan ISO 1585 adalah suatu standarisasi untuk pengambilan data daya dan torsi untuk mesin pembakaran dalam. Hasil daya saat menggunakan camshaft standar 9.8 HP, torsi 25.25 Kgm hasil daya saat menggunakan camshaft modifikasi 1 adalah 11.9 HP, torsi 25 Kgm, adapun modifikasi 2 adalah 10.4 HP, torsi 23 Kgm dan modifikasi 3 adalah 10.9 HP, torsi 27.5 Kgm dan modifikasi 4 10.1 HP, torsi 20.5Kgm. Dapat disimpulkan hasil yang paling baik untuk daya adalah dengan menggunakan camshaft modifikasi 1 dan untuk torsi menggunakan camshaft modifikasi 3.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-25