ANALISIS PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA PEKERJAAN GALIAN DRAINASE DAN TIMBUNAN PILIHAN PROYEK JALAN (Studi Kasus : Preservasi dan Pelebaran Jalan Kamal-Bangkalan Kota Sampang Madura STA 21+750 = 22+950)

  • Ardy suriya pratama Teknik Sipil S1 Institut Teknologi Malang
  • Togi H Nainggolan Teknik Sipil S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Tiong Iskandar Teknik Sipil S-1, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Media perhitungan jalan

Abstract

Pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan jalan selalu berhubungan dengan pekerjaan galian dan timbunan. Pekerjaan ini di mulai dari pekerjaan menggali, menggusur, memindahkan, memadatkan serta mengaspal.bila pekerjaan jalan mempunyai skala pekerjaan cukup besar dan membutuhkan kecepatan dalam peleksanaan pekerjaan maka pekerjaan jalan tersebut dilakukan dengan cara mekanis atau menggunakan bantuan alat berat.penggunaan alat berat yang digunakan dalam penyelesaian proyek pada pekerjaan jalan.Analisa yang digunakan adalah metode analisa produktivitas, yaitu dengan mengolah data untuk mencari produktivitas alat berat yang digunakan, kemudian untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaaan dan menghitung biaya alat berat untuk pekerjaaan jalan.Dari analisa pekerjaan jalan di dapatkan volume galian dan timbunanan total panjang 2,4 Km menggunakan alat berat excavator dengan produktivitas 129,14 m³/jam, dump truck dengan produktivitas 6,65 m³/jam dan whell loader dengan produktivitas 110.16 m³. Motor greder dengan produktivitas 4,67 m³/jam, tandem roller dengan produktivitas 60,6 m³/jam, dan water tank dengan produktivitas 142.29 m³/jam. Total biaya penggunaan alat berat pada pekerjaan jalan sebesar Rp 455.288.808,03 (Empat Ratus Lima Puluh Lima Juta Dua Ratus Delapan Puluh Delapan Ribu Delapan Ratus Delapan Rupiah)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-06
How to Cite
pratamaA. suriya, NainggolanT. H., & IskandarT. (2021). ANALISIS PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA PEKERJAAN GALIAN DRAINASE DAN TIMBUNAN PILIHAN PROYEK JALAN (Studi Kasus : Preservasi dan Pelebaran Jalan Kamal-Bangkalan Kota Sampang Madura STA 21+750 = 22+950). STUDENT JOURNAL GELAGAR, 2(2), 284-291. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/gelagar/article/view/3070