ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TOKO RETAIL DENGAN MENGGUNAKAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIK (QSPM) DAN PENDEKATAN LEAN CANVAS
STUDI KASUS: SILVI FROZENFOOD
Abstract
Toko retail memainkan peran penting dalam perdagangan global dan harus beradaptasi dengan perubahan tren konsumen. Silvi Frozenfood Surabaya menghadapi tantangan persaingan yang mengakibatkan rendahnya jumlah pengunjung. Penelitian ini bertujuan merancang strategi yang tepat untuk meningkatkan usaha bisnis dan penjualan produk agar mampu bersaing di pasar global. Metode yang digunakan adalah metode SWOT, QSPM, dan Lean Canvas. Analisis SWOT mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menghasilkan matriks IFE, EFE, dan IE, serta matriks SWOT untuk merumuskan strategi alternatif, QSPM mengevaluasi dan menentukan strategi terbaik dan Lean Canvas memproyeksikan hasil untuk memudahkan proses implementasi model bisnis kedepannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk Silvi FrozenFood, adalah strategi S-O 2 yaitu strategi diskon/penawaran special dan presentasi produk yang menarik. Strategi terpilih diterjemahkan kedalam model Bisnis Canvas yang mengacu pada 9 block elemen bisnis. Mapping model Bisnis Canvas mendasari implementasi strategi terpilih sehingga perusahaan dapat menjalankan dan mengembangkan bisnisnya mencapai peningkatan penjualan dan keunggulan yang lebih kompetitif
Downloads
Copyright (c) 2024 Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.