DESAIN ALAT PEMBUAT TEPUNG PATI KANJI MINI YANG ERGONOMIS

  • Mujiono Mujiono Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sanny Andjarsari Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hendro S Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Desain, Antropometri, Ergonomis

Abstract

Data yang diperoleh dari pembuatan pati kanji dengan bahan baku adalah singkong bisa dijadikan usaha rumahan yang berprospek cerah namun alat yang dipergunakan masih mempunyai beban kerja yang berlebihan karena masih dikerjakan dengan alat manual sehingga akan mengeluarkan energi yang sangat banyak dan dengan waktu yang lama sehingga akan mempengaruhi fisik dari pekerja yang mengakibatkan mudah mengalami kelelahan dan tidak produktif.
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan adalah melakukan pengamatan dan penelitian sekaligus wawancara untuk mengetahui apa yang dibutuhkan operator terhadap alat kerja. Data yang dibutuhkan oleh penelitian ini meliputi data antropometri yang digunakan dalam penelitian yaitu, tinggi mata berdiri, lebar siku ke siku, lebar bahu, rentang tangan, tinggi siku, tinggi lutut yang digunakan untuk menentukan perancangan alat pembuat tepung kanji dengan mengambil persentil 5 % , agar supaya lebih ergonomis dan mempunyai bentuk yang baik.
Dan dari hasil penelitian didapatkan perbedaan waktu proses pembuatan pati kanji dengan waktu kerja normal dari 8.67 menit/kg menjadi 0.259 menit/kg, serta output standart nya adalah dari 55,22 kg/hari menjadi 1738 kg/hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-02-26
How to Cite
MujionoM., AndjarsariS., & SH. (2015). DESAIN ALAT PEMBUAT TEPUNG PATI KANJI MINI YANG ERGONOMIS. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 5(1), 1-6. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1110