PENGEMASAN SARI KEDELAI UNTUK INDUSTRI RUMAH TANGGA

  • Priscilla Tamara Program Studi Teknik Industri D3, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
  • Peniel I. Gultom Program Studi Teknik Mesin D3, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
  • Erni Junita Sinaga Program Studi Teknik Industri D3, Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pengemas Sari Kedelai, anthropometri, output produksi

Abstract

Kerja yang kurang optimal menyebabkan rendahnya produktifitas yang dicapai, Untuk meningkatkannya diperlukan adanya suatu fasilitas kerja. Seperti pada industri rumah tangga minuman sari kedelai, proses pengemasannya masih bersifat manual sehingga memakan banyak waktu dan tenaga. Oleh sebab itu diperlukan adanya alat pengemas minuman sari kedelai untuk meningkatkan produktifitas kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat pengemas sari kedelai serta menghitung waktu baku proses dan output produksinya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis antropometri untuk menghitung dimensi alat yang sesuai dengan kebutuhan pekerja agar memperoleh kenyamanan dalam bekerja dan analisis pengukuran waktu kerja untuk menghitung tingkat perbaikan waktu kerja serta peningkatan output produksi alat yang baru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat pengemas sari kedelai tersebut terdapat peningkatan output produksi hingga 31% dibandingkan dengan cara manual serta memberi kenyamanan dan keamanan pada operator pada saat bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-08-26
How to Cite
TamaraP., I. GultomP., & Junita SinagaE. (2014). PENGEMASAN SARI KEDELAI UNTUK INDUSTRI RUMAH TANGGA. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 4(2), 1-5. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1195