RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN MODEL ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK PEMBERIAN BONUS KARYAWAN

  • Yosep Agus Pranoto Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Analytical Hierarchy Process, Decision Support System, performance appraisal

Abstract

PT.ABADI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan minuman sari buah yang memiliki karyawan sebanyak 45 orang. Kendala yang terjadi pada PT.ABADI adalah pada proses penilaian kinerja karyawan untuk menentukan pemberian bonus karena banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan. Penentuan keputusan secara manual menyebabkan hasil keputusan yang tidak objektif dan dapat mengurangi efektifitas kinerja pada perusahaan.
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan sistem berbasis komputer yang menyajikan dan memproses informasi yang memungkinkan pembuatan keputusan menjadi lebih produktif, dinamis dan inovatif. Pada penelitian ini dibuat aplikasi SPK menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan pemberian bonus terhadap karyawan. AHP merupakan metode dalam SPK untuk memecah permasalahan yang komplek atau rumit dalam situasi yang tidak terstruktur menjadi bagian-bagian komponen, mengatur bagian atau variabel ini menjadi suatu bentuk susunan hirarki, kemudian memberikan nilai numerik untuk penilaian subjektif terhadap kepentingan relatif dari setiap variabel dan mensintesis penilaian untuk menentukan variabel yang memiliki prioritas tertinggi yang akan mempengaruhi penyelesaian dari situasi tersebut. Sebagai pembanding dikembangkan pula SPK menggunakan if – then rule. Pada SPK menggunakan if – then rule hanya dilakukan pencocokan kriteria yang diperoleh karyawan dengan kriteria referensi.
Berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan terhadap 45 orang karyawan, pada SPK menggunakan AHP, karyawan yang akan diberi bonus sebanyak 27 orang, sedangkan SPK menggunakan if – then rule sebanyak 16 orang. SPK menggunakan AHP memberikan output pendukung keputusan yang lebih rasional dibandingkan SPK menggunakan if – then rule.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-02-25
How to Cite
Agus PranotoY. (2014). RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN MODEL ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK PEMBERIAN BONUS KARYAWAN. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 4(1), 14-20. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1220