PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PELEBUR LIMBAH KACA

  • Priscilla Tamara Jurusan Teknik Industri D3, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Peniel I. Gultom Jurusan Teknik Mesin D3, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sanny Andjarsari Jurusan Teknik Industri D3, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: manik-manik kaca, pelebur limbah kaca, efisiensi waktu standar

Abstract

Kemampuan produksi dan desain manik-manik yang dikerjakan pengrajin manik-manik kaca di Plumbon Gambang, Jombang, sudah mencapai titik optimal dan sulit untuk bisa ditingkatkan kemampuannya dengan kondisi peralatan dan fasilitas kerja yang ada. Saat ini proses peleburan limbah kaca dilakukan secara tradisional dengan kapasitas peleburan sebanyak 1 – 2 kg diletakkan dalam wadah dengan menggunakan kompor berbahan bakar LPG - disebut brander – api ditembakkan langsung ke arah limbah kaca tersebut hingga meleleh berbentuk seperti gulali (panas yang dibutuhkan 400° C - 600° C).
Berdasarkan survey ditemukan bahwa masih dimungkinkan untuk menaikkan jumlah produksi dan pengembangan desain manik-manik kaca tersebut dengan mengadakan perbaikan pada metode kerja dan perubahan rancang bangun pada fasilitas kerja yang membuat para pengrajin lebih nyaman, tidak cepat lelah dan mengurangi panas yang menerpa tubuh pengrajin serta dapat lebih mengembangkan desain pada produknya. Perbaikan fasilitas kerja ini terutama pada proses peleburan limbah kaca yaitu dari bahan mentah (limbah kaca) menjadi bahan baku manik-manik (batangan kaca).
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat alat pelebur limbah kaca yang mampu melebur limbah kaca hingga mencair dengan kapasitas yang cukup besar, serta menyamankan dan mempermudah pengrajin dalam bekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat pelebur limbah kaca tersebut terdapat efisiensi waktu standar peleburan dengan hasil yang jauh lebih banyak dan dapat mencairkan limbah kaca.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-02-25
How to Cite
TamaraP., I. GultomP., & AndjarsariS. (2014). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PELEBUR LIMBAH KACA. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 4(1), 36-42. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1225