ANALISIS MODEL KREATIFITAS DAN MOTIFASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN KECERDASAN ENTERPRENEURIAL PADA MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI

  • Boy Isma Putra Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Wiwik Sumarmi Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Kreativitas, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik dan Kecerdasan Enterpreneural

Abstract

Dalam lingkup dunia kerja ditemukan bahwa kebutuhan untuk belajar atau motivasi belajar mutlak diperlukan untuk melakukan usaha pengembangan diri yang akan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas. Bagi mahasiswa, salah satu bentuk kualitas dan motivasi belajar dapat dilihat dari indeks prestasi (IPK) yang diliki. Mahasiswa yang berprestasi diharapkan mempunyai jiwa enterpreneurship yang tinggi, sehingga dengan mengkombinasikan bakat, skill dan kreativitas, mahasiswa diharapkan dapat menciptakan pekerjaan sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis model kreativitas dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik dan kecerdasan enterpreneur.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dalam bentuk kuesioner dengan skala like. Adapun resposdennya adalah mahasiswa TI UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) dengan jumlah sampel sebanyak 110 sampel. Teknik analisis yang digunakan dari kualitatif di kuantitatifkan dengan menggunakan skala 5 (Lima), analisis SEM yang akan mempermudah untuk melihat hubungan kausalitas secara tersusun yang akan diuji.
Berdasarkan model yang dimodifikasi didapatkan Motivasi Belajar berpengaruh terhadap Prestasi Akademik dan Prestasi Akademik berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kecerdasan Enterpreneurial. Modifikasi menjadikan model menjadi bagus dengan nilai Goodness of Fit dan Cut off Value, nilai Chi-square 17.880; probabilitas 0.657; CMIN/DF 0.851; RMSEA 0.000; GFI 0.969; AGFI 0.918; TLI 1.009; dan CFI1.00. dimana nilai – nilai tersebut telah memenuhi nilai kritis yang telah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-08-15
How to Cite
Isma PutraB., & SumarmiW. (2012). ANALISIS MODEL KREATIFITAS DAN MOTIFASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN KECERDASAN ENTERPRENEURIAL PADA MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 2(2), 1-8. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1447