DESAIN FASILITAS PENGOLAHAN MIE TERPADU

  • Dayal Gustopo Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sanny Andjar Sari Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Thomas Priyasmanu Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Desain, pengolahan mie

Abstract

Proses pembuatan mie di daerah Dinoyo Malang mengakibatkan beban kerja yang berlebihan bagi para pekerjanya karena sikap kerja yang tidak ergonomis, serta dikerjakan secara manual sehingga membutuhkan banyak energi dan waktu yang sangat lama .
Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah melakukan pengamatan secara langsung ke Industri Kecil dan mengumpulkan data serta mengolah data antropometri yang sudah diuji keseragaman data dan kecukupan datanya sehingga bisa menghasilkan data dengan beberapa persentil [5%, 95%] Anthropometri yang digunakan pada fasilitas pembuat mie yang ergonomis khususnya pada pemipihan dan pemotongan mie yaitu diameter genggaman tangan (Hands Diameter ), tinggi siku saat berdiri (Elbow Height Standing), lebar bahu (Shoulder Breadth).
Analisa yang digunakan pada fasilitas pembuat mie yang baru adalah analisa aktifitas, analisa kebutuhan, analisa teknis, analisa bahan dan analisa estetika. Untuk pengopersiannya fasilitas ini menggunakan tenaga motor untuk memudahkan operator.
Dari hasil desain fasilitas tersebut didapatkan output standart adanya kenaikan produksi mencapai 300 %. Dimana menggunakan fasilitas lama membutuhkan waktu baku 45.8 menit/kg dan output standart 1.26 kg/jam. Sedangkan waktu baku dengan desain fasilitas baru yaitu 11,87 menit/kg dan output standart 5.04 kg/jam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-08-15
How to Cite
GustopoD., Andjar SariS., & PriyasmanuT. (2012). DESAIN FASILITAS PENGOLAHAN MIE TERPADU. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 2(2), 9-13. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1448