PENINGKATAN KUALITAS LIMBAH SERUTAN KAYU DENGAN METODE SCOURING SEBAGAI PRODUK NON WOVEN

  • Iftitah Ruwana Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nova Indiani Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Fitria Wahyuningsih Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Jauharatul Chusnia Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: serat kayu, metode scouring, non woven

Abstract

Kayu merupakan bahan yang banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari karena mempunyai sifat dan karakteristikyang unik. Serat serutan kayu merupakan hasil dari limbah kayu yang tidak terpakai, limbah ini berasal dari industri meubel yang kemudian dimanfaatkan menjadi suatu produk dengan menggunakan metode tertentu yaitu metode scouring. Kayu merupakan hasil hutan yang mudah diproses untuk dijadikan barang sesuai dengan kemajuan teknologi dan kayu memiliki sifat yang tidak dapat ditiru oleh bahan lain.
Untuk memanfaatkan limbah serat kayu tersebut maka perlu adanya suatu proses atau metode yang digunakan. Dalam hal ini dengan metode scouring yang dianggap paling tepat dalam memproses serat kayu tersebut dengan menggunakan beberapa sebagai zat pemasaknya. Tujuan dilakukannya metode ini karena untuk menghilangkan kotoran yang ada pada serat kayu dan agar proses penyempurnaan selanjutnya dapat berjalan dengan baik serta zat-zat lain yang akan diberikan dapat terserap dengan baik dan memperbaiki kenampakan serat.
Limbah serat kayu tersebut akan dimanfaatkan menjadi suatu produk tekstil non woven yang dapat dijadikan berbagai macam produk. Non woven dibuat tanpa adanya anyaman dan jeratan, serat-serat tersebut langsung dibuat menjadi sebuah lembaran-lembaran. Jadi serat-serat tidak djadikan benang terlebih dahulu melainkan kain tersebut dihasilkan dari serat-serat yang diikat saling kunci atau kedua-duanya dengan cara pengepresan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-08-15
How to Cite
RuwanaI., IndianiN., WahyuningsihF., & ChusniaJ. (2012). PENINGKATAN KUALITAS LIMBAH SERUTAN KAYU DENGAN METODE SCOURING SEBAGAI PRODUK NON WOVEN. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 2(2), 31-35. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1452