DESAIN STASIUN KERJA PROSES PELUNAKKAN DAN PEMBENGKOKKAN ROTAN UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DI UD. RUKUN ROTAN-BALEARJOSARI MALANG

  • Sanny Andjar Sari Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Proses pelunakkan, pembengkokkan ,rotan

Abstract

Proses Pelunakkan Rotan ini merupakan sangat penting karena berhubungan dengan proses pembengkokkan rotan dimana proses ini sangat mempengaruhi kualitas dan bentuk yang dikehendaki pada produk mebel rotan. Kondisi rotan yang keras akan mengakibatkan proses pembengkokan menjadi sulit dan hasil yang didapat menjadi tidak sesuai. Sedangkan proses pelunakkan rotan sendiri membutuhkan waktu yang sangat lama kurang lebih selama 1,5 jam untuk setiap proses pelunakkan rotan dan memerlukan energi yang banyak .
Metode Penelitian yang dipergunakan dengan mengumpulkan data waktu proses pelunakkan dan pembengkokkan rotan, aktifitas operator pada saat bekerja, posisi kerja operator, data antropometri, kemudian dianalisa data waktu dan antropometri untuk nantinya dipergunakan sebagai pedoaman dalam mendesain suatu stasiun kerja pada proses pelunakkan dan pembengkokkan rotan tersebut .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Produktifitas kerja operator mengalami peningkatan dikarenakan adanya perubahan pada sistem stasiun kerja pelunakkan dan pembengkokkan rotan. Produktifitas meningkat dilihat dari meningkatnya waktu standart sebesar 38,36 menit untuk proses pelunakkan dan 17.4 detik / pembengkokan (1 rotan) untuk proses pembengkokan. Sedangkan peningkatan Ouput standart (Os) untuk proses pelunakkan mengalami peningkatan sebesar 86.07 % dan untuk proses membengkokan rotan mengalami peningkatan sebesar 14.14 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-08-15
How to Cite
Andjar SariS. (2012). DESAIN STASIUN KERJA PROSES PELUNAKKAN DAN PEMBENGKOKKAN ROTAN UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DI UD. RUKUN ROTAN-BALEARJOSARI MALANG. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 2(2), 42-46. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1454