PERANCANGAN TUNGKU PEMBAKARAN UNTUK PENGOLAHAN LIMBAH MEDIS

  • Sanny Andjar Sari Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sri Indriani Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Proses pembakaran jarum suntik, tungku pembakar

Abstract

Pada saat ini masalah yang sering dialami oleh orang – orang yang bekerja di bidang kedokteran adalah dalam hal meminimalisasi adanya penularan virus atau bakteri yang dihasilkan dari limbah medis, salah satunya dengan melakukan pembakaran jarum suntik, dimana pada saat ini pengoperasian alat dilakukan hanya 2 minggu sekali dengan volume jarum suntik sebanyak kurang lebih 1 m3. Alat pembakaran tersebut hanya dimiliki oleh instansi kedokteran yang berskala besar. Hal itu membuat instansi – instansi kedokteran berskala kecil seperti puskesmas atau klinik kedokteran mengalami masalah dengan penanganan limbah medis ini.
Oleh sebab itu diperlukan suatu alat rancangan yang dapat digunakan pada di instansi kedokteran berskala kecil dengan menggunakan prinsip – prinsip ergonomi yang meliputi perhitungan waktu proses pembakaran, menentukan dan menghitung antropometri, analisis torsi tahap akhir menghitung waktu standart dan out put standart setelah tungku dirancang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan suhu pembakaran lebih dari 10000 C dapat diperoleh hasil pembakaran lebih maksimal yaitu sisa jarum suntik yang telah bersih dari virus dan bakteri medis, selain itu posisi kerja operator terjadi perbaikan posisi tubuh yaitu dari 65 Lb / ft menjadi 27 Lb / ft sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi operator.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-02-23
How to Cite
Andjar SariS., & IndrianiS. (2012). PERANCANGAN TUNGKU PEMBAKARAN UNTUK PENGOLAHAN LIMBAH MEDIS. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 2(1), 33-38. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1458