PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN PTS. X MALANG)

  • Edy Soetanto Jurusan Teknik Industri, Institut teknologi Nasional malang
Keywords: Kemampuan, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada tinjauan teoritis dan empiris, bahwa kinerja karyawan dipengaruhi oleh dua variabel yaitu kemampuan dan motivasi kerja. Pengujian yang dilakukan meliputi pengaruh langsung antara variabel kemampuan terhadap kinerja, pengaruh variabel motivasi kerja terhadap kinerja, serta pengaruh kemampuan dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan.
Lokasi penelitian dilakukan di PTS. X Malang. Penelitian ini dilakukan dengan cara metode penyebaran kuesioner dan wawancara terhadap sampel yang terdiri dari karyawan tetap sebanyak 55 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Likert Summarated Rating, sebagai alat uji analisis penelitian. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Uji tersebut meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik dan uji regresi berganda. Dari uji validitas dan reliabilitas dihasilkan kuesioner valid dan reliabel. Uji asumsi klasik model semua terpenuhi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan dengan nilai () 0.463, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dengan nilai () 0.357, pengaruh kemampuan dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan dengan nilai () 0.552. Adapun hasil uji statistik berdasarkan uji F hitung sebesar 31.982 dengan signifikansi 0.00. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Kemampuan dan motivasi kerja merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dan sudah selayaknya suatu organisasi baik manufaktur maupun jasa memperhatikan dua hal tersebut untuk dapat meningkatkan kinerja para karyawannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-02-23
How to Cite
SoetantoE. (2012). PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA KARYAWAN PTS. X MALANG). Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 2(1), 44-51. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1460