PENGGUNAAN TEORI PERMAINAN GUNA MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH MAKAN
Abstract
Saat ini, banyak bermunculan rumah makan baru yang menawarkan berbagai jenis makanan, dimana rumah makan tersebut, dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dirasa perlu bagi pelanggan. Sehingga, persaingan antar rumah makan yang ada baik yang baru maupun yang sudah lama berdiri semakin ketat.
Untuk itu maka, setiap rumah makan yang ada saat ini, harus cerdas dalam memilih strategi pemasaran yang digunakan, agar mampu menghadapi persaingan yang ketat tersebut.
Teori permainan, merupakan suatu teori yang dapat digunakan untuk menentukan suatu strategi yang akan digunakan dalam strategi pemasaran. Digunakan, untuk mengurangi kerugian dalam menghadapi beberapa pesaing.
Dalam penelitian ini, juga menggunakan analisa cluster, dimana hasilnya menunjukkan bahwa pelanggan masing-masing rumah makan dapat dikelompokkan menjadi tiga cluster dan berikut adalah usulan strategi bagi masing-masing rumah makan berdasarkan perhitungan matriks payoff:
1. Rumah makan X menggunakan strategi 9 (Nama Rumah Makan) untuk menghadapi Rumah makan Y, dan menggunakan strategi 1 (Harga).
2. Rumah makan Y menggunakan strategi 3 (Variasi Makanan) untuk menghadapi Rumah makan X, sedangkan untuk menghadapi Rumah makan Z menggunakan strategi 4 (Rasa) dan 9 (Nama Rumah Makan).
3. Rumah makan Z menggunakan strategi 3 (Variasi Makanan) untuk menghadapi Rumah makan X, sedangkan untuk menghadapi Rumah makan Y menggunakan strategi 4 (Rasa) dan strategi 8 (Diskon).