PERANCANGAN SISTEM PNEUMATIK PADA PLASTIC INJECTION

  • Peniel Immanuel Gultom Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: tutup botol plastik, plastic injection, produktifitas

Abstract

Salah satu peralatan yang perkembangannya cukup pesat adalah peralatan yang menggunakan sistem pneumatik, karena sistem pneumatik adalah peralatan yang perubahan energinya dari energi fluida (udara) menjadi energi mekanik. Disamping itu, peralatan ini cukup sederhana dan memberikan keamanan bagi operator dan tidak merusak lingkungan hidup karena menggunakan udara disekitar kita. Pada penelitian ini produk yang diteliti adalah tutup botol plastik. Berdasarkan hasil survey di industri kecil pembuatan tutup botol plastik Malang, ditemukan bahwa aktivitas operator mempunyai beban kerja (torque) yang tinggi dan dilakukan secara manual sehingga hal ini dapat mempengaruhi produktifitas kerja karena sikap kerja operator yang kurang ergonomis sehingga operator menjadi cepat lelah dalam bekerja.
Oleh karena itu diperlukan suatu alat yang dapat meringankan kerja operator dengan merancang alat kerja baru, plastic injection berdasarkan prinsip ergonomi. Untuk dapat menentukan plastic injector yang benar, diperlukan kriteria penilaian antara lain: analisis sikap kerja (Nordic Body Map) dan analisis torsi.
Hasil penelitian pada pembuatan tutup botol plastik dangan menggunakan plastic injection baru berdasarkan prinsip ergonomi tersebut terdapat kenaikan jumlah produksi sebesar 87,5 % dibandingkan dengan cara manual dan efisiensi waktu sebesar 46,41%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-08-23
How to Cite
Immanuel GultomP. (2011). PERANCANGAN SISTEM PNEUMATIK PADA PLASTIC INJECTION. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 1(2), 19-29. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1468