DESAIN FASILITAS KERJA PADA PEMBUATAN KERUPUK UNTUK INDUSTRI KECIL

  • Priscilla Tamara Jurusan Teknik Mesin, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: kerupuk, efisien, waktu standart, output standart

Abstract

Industri krupuk cap Nyonya merupakan industri manufaktur yang bergerak daam bidang industri makanan. Pada industri ini, masih terdapat aktivitas kerja yang belum efisien, ditinjau dari penggunaan waktu, tenaga, efektivitas dan efisiensi kerja. Hal tersebut dikarenakan peralatan dan cara kerja yang digunakan belum ergonomis. Salah satunya pada proses pengadukan dan pencetakan krupuk yang masih menggunakan tangan dan posisi berdiri membungkuk dalam melakukan proses pengadukan dan posisi duduk selonjor dalam melakukan proses pencetakan sehingga pekerja merasa kurang nyaman dan memiliki beban kerja tinggi, karena posisi demikian mengakibatkan pekerja merasa cepat lelah sehingga akan memakan waktu lama dan hasil yang dicapai juga kurang optimal.
Oleh sebab itu diperlukan suatu fasilitas kerja yang dapat meringankan tugas operator yaitu suatu alat yang dapat mengaduk dan mencetak krupuk dengan tenaga mesin yang dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip ergonomi. Tahap pertama adalah menghitung data waktu proses pembuatan kerupuk mulai dari pengadukan sampai dengan pencetakkan, kemudian data antropometri pekerja, tahap kedua adalah membuat rancangan alat beserta perhitungannya, tahap akhir adalah menghitung waktu standart dan output standart setelah dirancang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat baru yang dirancang berdasarkan prinsip ergonomi tersebut terdapat efisiensi waktu standart sebanyak 44,5% dan kenaikan output standart sebanyak 80,21% dibandingkan dengan cara kerja yang menggunakan alat lama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-08-23
How to Cite
TamaraP. (2011). DESAIN FASILITAS KERJA PADA PEMBUATAN KERUPUK UNTUK INDUSTRI KECIL. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 1(2), 30-37. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1470