PERANCANGAN ALAT PENGOLAH BUAH KELAPA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI

  • Dayal Gustopo Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sanny Andjar Sari Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Perancangan, Ergonomis dimensi alat Pengolah Kelapa

Abstract

Kegiatan pengolahan kelapa di Paiton Probolinggo merupakan kegiatan home industri dimana dalam pengerjaannya dilakukan secara sederhana. Mulai dari proses pengupasan sampai membuka tempurung kelapa cara yang digunakan memerlukan tenaga yang cukup besar sehingga tidak memenuhi prinsip ergonomi karena besarnya kemungkinan kecelakaan kerja disebabkan peralatan yang kurang mendukung dengan posisi operator duduk menjongkok sehingga cepat menyebabkan terjadinya kelelahan.
Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah di atas adalah melakukan pengamatan terhadap postur kerja operator sekaligus wawancara untuk mengetahui apa yang dinginkan operator terhadap alat pengolah kelapa. Data antropometri yang digunakan untuk merancang alat pengolah kelapa adalah tinggi siku posisi berdiri, jangkauan tangan ke depan, jangkauan lengan ke samping, dan tinggi posisi duduk. Dari data antropometri tersebut akan didapat dimensi ergonomic agar sesuai dengan ukuran tubuh operator serta menjadi acuan penentuan dimensi dari alat Pengolah Kelapa.
Analisa yang digunakan dalam perancangan alat ini adalah analisa, ergonomi, analisa estetik dan analisa bahan. Dari hasil perancangan diperoleh hasil bahwa waktu proses pengoperasian pengolah kelapa lebih singkat yaitu pada alat lama menghasilkan 2 kelapa per jam dan alat baru menghasilkan 4 kelapa per jam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-08-23
How to Cite
GustopoD., & Andjar SariS. (2011). PERANCANGAN ALAT PENGOLAH BUAH KELAPA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 1(2), 50-55. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/1472