PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA DESAIN MESIN PENGASAPAN IKAN

  • Sanny Andjar Sari Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Salammia LA Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sri Indriani Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Perancangan, Mesin Pengasapan Ikan, Quality Function

Abstract

Pantai Prigi adalah salah satu objek wisata alam andalan di Kabupaten Trenggalek. Pantai ini terletak pada wilayah Desa Tasimadu, Kec. Watulimo, Trenggalek Jawa Timur yang berjarak 48 km dari pusat kota Trenggalek. Sumber daya perikanan di kabupaten Trenggalek telah diolah menjadi berbagai produk, diantaranya adalah produk ikan panggang, bakar, dan asap. Di Trenggalek terdapat berbagai macam olahan pangan dari bahan baku ikan selain diasinkan, dikeringkan, dan dibekukan, ikan juga dapat juga diolah dan diawetkan secara alami menggunakan teknik pengasapan. Pengasapan adalah salah satu cara pengolahan ikan yang dapat dilakukan dengan peralatan yang sederhana dan mudah didapat serta murah harganya.

Salah satu sentra produksi ikan asap di kabupaten Trenggalek adalah di kawasan Pantai Prigi. Proses pengasapan yang terdapat adalah menggunakan tungku terbuka. Penggunaan tungku terbuka tersebut menimbulkan beberapa dampak diantaranya asap menimbulkan gangguan kesehatan dan produk memiliki penampakan yang kurang menarik. Dilihat dari segi posisi kerja yang jongkok mengakibatkan kelelahan apabila dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Kendala yang lain adalah belum terlaksananya cara produksi pangan yang baik. Rata-rata pengasapan ikan di pantai Prigi mencapai ± 40 ekor/hari.

Tujuan penelitian ini yaitu merancang mesin pengasapan ikan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Quality Function Deployment adalah suatu pendekatan untuk mendesain produk agar dapat memenuhi keinginan pengguna dalam hal ini pengrajin makanan olahan ikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-04
How to Cite
Andjar SariS., LAS., & IndrianiS. (2020). PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT PADA DESAIN MESIN PENGASAPAN IKAN. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 10(1), 1-5. https://doi.org/10.36040/industri.v10i1.2533