PERANCANGAN ALAT TERAPI YANG ERGONOMIS BAGI ANAK PENDERITA CEREBRAL PALSY

  • Julianus Hutabarat Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renny Septiari Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Alat terapi ,Cerebral Palsy, Ergonomi

Abstract

Cerebral Palsy adalah berbagai perubahan yang abnormal pada organ gerak atau fungsi motor sebagai akibat dari kondisi tonus otot yang mengalami hipertoni. Letak kelainan ini terdapat pada sistem saraf pusat. Cerebral Palsy ditandai oleh adanya kelainan gerak, sikap atau bentuk tubuh gangguan koordinasi, terkadang juga disertai gangguan psikologis dan sensoris yang disebabkan oleh adanya kerusakan atau kecacatan pada masa perkembangan otak.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah merancang sebuah alat terapi untuk penderita Cerebral Palsy dengan metode observasi mengenai stimulus koordinasi gerak antara tangan dan kaki pada anak yang diterapkan pada sistem mekanisme alat terapi, pengukuran antropometri dari penderita juga dibutuhkan untuk menentukan dimensi alat terapi, sehingga dapat digunakan secara nyaman dan aman bagi penderita sesuai dengan kaidah ergonomi. Perancangan ini diawali dengan pengumpulan data hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden untuk mengetahui kriteria apa saja yang diinginkan oleh pengguna (Voice of Customer) dengan menggunakan skala Likert, uji validitas dan reliabilitas. Setelah didapatkan hasil dari kuesioner tersebut, maka diperoleh beberapa alternatif rancangan desain alat terapi bantu jalan yang sesuai dengan kriteria terpilih. selanjutnya dilakukan pengukuran dimensi alat terapi sesuai prinsip-prinsip ergonomis.

Hasil dari rancangan ini adalah alat terapi yang sesuai keinginan pengguna dan menghasilkan alat terapi yang ergonomis. Dimensi alat terapi secara keseluruhan dengan panjang 55 cm, lebar 45 cm dan tinggi 85 cm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-30
How to Cite
HutabaratJ., & SeptiariR. (2020). PERANCANGAN ALAT TERAPI YANG ERGONOMIS BAGI ANAK PENDERITA CEREBRAL PALSY. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 10(2), 60-64. https://doi.org/10.36040/industri.v10i2.2796