HUMAN RELIABILITY ANALYSIS PADA OPERATOR GRINDING DAN WELDING GALANGAN KAPAL DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE RELIABILITY AND ERROR ANALYSIS METHOD (CREAM)

  • Satria Bagus Shaputra Satria Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Nuzulia Khoiriyah Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Wiwiek Fatmawati Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Keywords: Human Error, Cognitive Reliability and Error Analysis Method (CREAM), Human Realiability Analysis (HRA)

Abstract

Abstrak, Daftar kasus kecelakaan kerja di galagan kapal yang terjadi selama 8 tahun terakhir dengan jumlah kasus tertinggi pada proses pekerjaan grinding dan welding. Kasus kecelakaan kerja tersebut disebabkan oleh kesalahan manusia atau human error. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Cogitive Reliability and Error Analysis Method (CREAM) untuk memprediksi dan mengurangi terjadinya human error. Pada metode ini dilakukan dengan dua cara yaitu basic method yang berfungsi untuk hanya mendapatkan nilai probabilitas kegagalan secara umum, sedangkan extend method berfungsi untuk mendapatkan nilai probabilitas kegagalan kognitif pada setiap task. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menurunkan keandalan operator dan mempengaruhi timbulnya human error pada operator grinding dan welding adalah faktor kondisi pekerjaan dan waktu dalam hari saat pekerjaan berlangsung. Nilai probabilitas error tertinggi pada proses pekerjaan grinding dan welding terdapat pada aspek kognitif interpretation, dengan masing-masing nilai CFP pada proses grinding yaitu sebesar 0,024 dan pada proses welding 0,006. Usulan perbaikan untuk mengurangi probabilitas human error pada proses grinding dan welding adalah pada kondisi pekerjaan dengan membutuhkan penerangan yang cukup saat bekerja didalam kapal, membutuhkan sirkulasi udara yang baik saat bekerja didalam kapal, dan membutuhkan peningkatan pengawasan kepada operator agar operator dapat bekerja dengan aman dan disiplin dalam bekerja. Serta membutuhkan pengoptimalan manajemen waktu dalam bekerja, agar operator dapat bekerja dengan baik dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

 

Kata kunci : Human Error, Cogitive Reliability and Error Analysis Method (CREAM), Human Realiability Analysis (HRA).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-18
How to Cite
SatriaS. B. S., KhoiriyahN., & FatmawatiW. (2021). HUMAN RELIABILITY ANALYSIS PADA OPERATOR GRINDING DAN WELDING GALANGAN KAPAL DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE RELIABILITY AND ERROR ANALYSIS METHOD (CREAM). Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 11(1), 59-65. https://doi.org/10.36040/industri.v11i1.3412