PERANCANGAN MESIN PENGUPAS KEDELAI DENGAN METODE WET PROCESS SKALA HOME INDUSTRY

  • Peniel Gultom
Keywords: kacang kedelai, wet process, rancang bangun

Abstract

Dalam industri pengolahan makanan khususnya produk olahan kacang kedelai. Tempe atau tahu merupakan makanan khas yang telah dikenal luas oleh masyarakat dengan rasa yang enak dan cocok untuk oleh-oleh. Sentra industri tempe atau tahu yang cukup besar dan terkenal di Malang adalah wilayah Sanan, kota Malang. 

Kendala yang dihadapi oleh home industry pembuatan tempe atau tahu ini adalah proses produksi yang masih menggunakan alat manual yang dapat berpengaruh pada jumlah produksi dan higienitas produk. Salah satunya pada proses pengupasan kacang kedelai. Penelitian ini khususnya akan mencari dimensi ideal mesin pengupas kacang kedelai untuk skala home industry (UKM) dengan menggunakan metode wet process (proses basah). Metode ini cukup efisien dan efektif sehingga akan dapat menekan biaya produksi bagi UKM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancang bangun mesin pengupas kacang kedelai dengan metode wet process dengan spesifikasi yang disesuaikan untuk UKM  adalah untuk kapasitas 15 kg kacang kedelai dapat dikupas kulit arinya selama 28,86 menit atau 31,2 kg/jam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-14
How to Cite
GultomP. (2021). PERANCANGAN MESIN PENGUPAS KEDELAI DENGAN METODE WET PROCESS SKALA HOME INDUSTRY . Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 11(2), 66-70. https://doi.org/10.36040/industri.v11i2.3535