ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP HASIL PENGEMBANGAN PRODUK LAMPU RUMAH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

  • Achmad Fatahilah Jurusan Teknik Industri, Universitas Panca Marga, Jl. Yos Sudarso, Probolinggo 67271, Indonesia
  • Trismawati Trismawati Jurusan Teknik Industri, Universitas Panca Marga, Jl. Yos Sudarso, Probolinggo 67271, Indonesia
  • Tri Prihatiningsih Jurusan Teknik Industri, Universitas Panca Marga, Jl. Yos Sudarso, Probolinggo 67271, Indonesia
Keywords: Quality Function Deployment (QFD), Fathlamp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap hasil produk pengembangan lampu rumah berbasis mikrokontroler arduino yaitu produk lampu Fathlamp. Produk lampu fathlamp adalah produk lampu LED yang bisa dikendalikan dengan jarak jauh menggunakan smartphone android sebagai sakelar dengan memanfaatkan jaringan wifi. Dalam menganalisis kepuasan pelanggan, peneliti menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment).
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan dengan pengambilan data melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah konsumen pengguna lampu rumah dan data kuantitatif diolah secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kepuasan pelanggan terhadap atribut produk lampu fathlamp yaitu konsumsi energi listrik lebih hemat dengan prosentase sebesar 18,88%, perawatan yang mudah dengan prosentase sebesar 17,48%, mudah dalam penggunaannya dengan prosentase sebesar 16,16%, bahan yang awet dan tahan lama dengan prosentase sebesar 14,11%, kecerahan cahaya dengan prosentase sebesar 12,9%, desain yang sederhana dengan prosentase sebesar 11,03%, harga yang terjangkau dengan prosentase sebesar 9,44%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-28
How to Cite
FatahilahA., TrismawatiT., & PrihatiningsihT. (2019). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP HASIL PENGEMBANGAN PRODUK LAMPU RUMAH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 9(2), 20 - 26. https://doi.org/10.36040/industri.v9i2.357