PERANCANGAN MESIN ROL PLAT DENGAN METODE COLD ROLLING SKALA HOME INDUSTRY

  • Peniel I. Gultom Jurusan Teknik Mesin DIII, FTI, ITN Malang
  • J.R. Heksa Galuh W. Jurusan Teknik Industri, FTI, ITN Malang
Keywords: roll plat, cold rolling, rancang bangun

Abstract

Salah satu proses penting dalam manufaktur adalah proses pengerolan. Proses ini banyak digunakan dalam industri besar maupun kecil. Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) bidang pembentukan logam (plat) salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah proses pelengkungan plat besi. Peralatan yang digunakan kurang maksimal dan mesin roll plat yang beredar di pasaran relatif mahal dan besar.
Dimensi ideal mesin roll plat untuk skala UKM dengan menggunakan metode pengerolan dingin (cold rolling) merupakan fokus utama dalam peelitian ini. Metode pengerolan dingin merupakan metode yang cukup efisien dan efektif yang bertujuan untuk menekan biaya produksi.
Spesifikasi rancang bangun mesin roll plat dengan metode cold rolling dengan untuk UKM sebagai hasil penelitian ini adalah motor listrik yang memiliki daya 0,367 kW dan putaran 1400 rpm, transmisi sabuk-V yang digunakan Tipe B, nomor sabuk 37, panjang keliling sabuk 940 mm, jumlah satu buah dan rantai rol yang digunakan nomor rantai 50, rangkaian tunggal, 56 mata rantai, pitch = 15,875 mm. Putaran rol penekan adalah 7 rpm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-28
How to Cite
I. GultomP., & Heksa Galuh W.J. (2019). PERANCANGAN MESIN ROL PLAT DENGAN METODE COLD ROLLING SKALA HOME INDUSTRY. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 9(2), 31 - 36. https://doi.org/10.36040/industri.v9i2.365