MODEL DYNAMIC PRICING PADA JASA PENGIRIMAN PETI KEMAS

  • Yuliana Salim Universitas Kristen Petra
  • Tanti Octavia
  • I Gede Agus Widyadana

Abstract

Penerapan strategi dynamic pricing di Indonesia sudah banyak dilakukan oleh industri penerbangan dan transportasi darat (Uber, Gojek, Grab, dll), namun masih sangat jarang ditemukan penerapan strategi ini pada perusahaan pelayaran (perusahaan jasa pengiriman peti kemas). Penelitian ini bertujuan untuk membuat model dynamic pricing yang tepat untuk perusahaan jasa pengiriman peti kemas dan untuk mengetahui faktor-faktor penting yang berpengaruh dalam pembuatan model dynamic pricing pada perusahaan jasa pengiriman peti kemas. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisa survei kuesioner, membuat skenario-skenario pemodelan dynamic pricing, dan melakukan uji anova. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penting yang berpengaruh dalam pembuatan model dynamic pricing adalah faktor harga dan musim. Model dynamic pricing terbaik yang dapat diterapkan adalah melakukan kenaikan untuk harga minggu depan ketika jumlah demand aktual minggu ini lebih besar dari jumlah ekspektasi demand minggu ini dan tidak memberikan perubahan harga untuk minggu depan jika demand aktual minggu ini kurang dari ekspektasi demand minggu ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-14
How to Cite
SalimY., OctaviaT., & I Gede Agus Widyadana. (2022). MODEL DYNAMIC PRICING PADA JASA PENGIRIMAN PETI KEMAS. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 12(1), 64-72. https://doi.org/10.36040/industri.v12i1.3750