PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUK SCREW PAN M5X13MM PADA MESIN JBF-06403 DI BAGIAN FORMING DENGAN METODE DEFINE, MEASURE, ANALYZE, IMPROVE, CONTROL (DMAIC) ( STUDI KASUS PT GARUDA METALINDO )

  • Popy Yuliarty Prodi Teknik Industri, Universitas Mercu Buana
  • Abdul Kholiq Prodi Teknik Industri, Universitas Mercu Buana
Keywords: CTQ,DMAIC, kualitas, , screw pan m5x13m

Abstract

PT. GM merupakan perusahaan yang memproduksi baut dan mur. Program improvement quality control circle dilakukan setiap tahun untuk menjaga kualitas dan mengurangi produk defect, namun masih belum maksimal karena tidak konsisten dalam mejalankan program tersebut sehingga defect yang terjadi pada proses pembuatan baut screw pan m5x13mm masih sangat tinggi. Penyebab defect pada ini di dominasi oleh 2nd punch patah sebesar 38% dan 2nd punch retak sebesar 26 % yang akan dikualifikasikan sebagai Critical To Quality/CTQ. Untuk meminimalkan jumlah produk defect dan sekaligus meningkatkan kualitas produk, maka dilakukan penelitian dengan topik meminimalkan produk defect. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab defect utama dan memberikan usulan perbaikan yang dapat meminimalkan defect. Metode six sigma digunakan dalam upaya meningkatkan kualitas produk melalui tahap DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve dan Control). Hasil penelitian ini adalah pemacahan masalah yang akan dibuat dengan metode 5W + 1H. Penyebab defect sebanyak empat jenis yaitu 2nd punch patah, 2nd punch retak, dies kotor, dan flange miring.Usulan perbaikan untuk tiap defect adalah sebanyak 5 rencana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-26
How to Cite
YuliartyP., & KholiqA. (2018). PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PRODUK SCREW PAN M5X13MM PADA MESIN JBF-06403 DI BAGIAN FORMING DENGAN METODE DEFINE, MEASURE, ANALYZE, IMPROVE, CONTROL (DMAIC) ( STUDI KASUS PT GARUDA METALINDO ). Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 8(1), 32-37. https://doi.org/10.36040/industri.v8i1.671