PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN NICHE MARKET SEBAGAI MODERASI PADA INDUSTRI JASA PENDIDIKAN

  • Pranakusuma Sudhana Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Lukmandono Lukmandono Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Rony Prabowo Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Keywords: Marketing Mix, Impulse Buying, Niche Market, Jasa, Pendidikan

Abstract

Pendidikan merupakan suatu industri jasa yang cukup penting, namun tidak banyak diteliti. Sebagai penyedia jasa, perguruan tinggi perlu melakukan berbagai usaha untuk dapat bersaing, salah satunya adalah marketing mix. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis bahwa variabel-variabel 7P marketing mix secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying yang telah banyak mendukung penjualan barang dengan dimoderasi oleh keunikan suatu program studi yang diistilahkan dengan niche market. Hasil analisis data menggunakan metode SEM terhadap responden siswa-siswi SMA yang telah menghadiri pameran pendidikan menyimpulkan bahwa hipotesis tersebut ditolak. Karena keputusan untuk memilih suatu program studi bukan merupakan proses yang mudah untuk dipahami dan tidak dapat terjadi secara tiba-tiba (impulsif), perguruan tinggi disarankan untuk melakukan usaha-usaha lain yang bersifat konstan dalam upaya menarik minat dan meyakinkan calon mahasiswa (prospek).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-26
How to Cite
SudhanaP., LukmandonoL., & PrabowoR. (2018). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN NICHE MARKET SEBAGAI MODERASI PADA INDUSTRI JASA PENDIDIKAN. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 8(1), 38-44. https://doi.org/10.36040/industri.v8i1.673