SISTEM OPTIMASI PEMILIHAN SUPPLIER DAN ALOKASI ORDER

  • Emmalia Adriantantri Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Joseph Dedy Irawan Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sonny Prasetio Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Optimasi, Pemilihan Supplier, Alokasi Order

Abstract

Sebuah perusahaan seringkali mengalami kesulitan untuk memilih supplier mana yang akan memasok bahan baku bagi sistem produksinya. Mengingat supplier yang dipilih adalah supplier dengan bahan yang berkualitas, harga yang murah dan ketepatan pengiriman, disamping kriteria lain yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan. Setiap supplier mempunyai kinerja yang tidak sama, dan perusahaan harus memperhatikan keberlanjutan hubungan baik dengan supplier serta ketersediaan bahan baku dalam jangka panjang.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dapat membuat sebuah sistem optimasi untuk memilih supplier mana yang akan digunakan oleh perusahaan, sekaligus menentukan alokasi ordernya, dengan mempertimbangkan kriteria–kriteria dalam evaluasi dan pemilihan supplier. Karena dengan pembuatan software komputer, proses perhitungan untuk pemilihan supplier dan alokasi order dapat dilakukan dengan teliti dan cepat, mengingat banyaknya kriteria yang harus dipertimbangkan, supplier mempunyai kinerja yang berbeda-beda, produk atau bahan baku yang dibeli pun dalam jenis dan jumlah yang tidak sedikit.
Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode Fuzzy-QFD dan metode Goal Programming yang diintegrasi ke dalam sebuah software komputer.
Hasil dalam penelitian ini adalah sebuah software komputer dimana perhitungan yang panjang dengan jumlah kriteria yang harus dipertimbangkan banyak, selain itu supplier mempunyai kinerja yang berbeda-beda, produk atau bahan baku yang dibeli pun dalam jenis dan jumlah yang tidak sedikit, dapat dilakukan lebih cepat. Selain itu proses perhitungan pemilihan supplier dan alokasi order dapat dilakukan lebih teliti

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-23
How to Cite
AdriantantriE., Dedy IrawanJ., & PrasetioS. (2016). SISTEM OPTIMASI PEMILIHAN SUPPLIER DAN ALOKASI ORDER. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 6(2), 41-44. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/industri/article/view/910