Pendampingan Pengembangan Usaha Bisnis Pada Café Fresh Corner Kota Malang

  • prima vitasari Institut Teknologi Nasional Malang
  • Salammia Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sri Indriani Institut Teknologi Nasional Malang
  • Erni Junita Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada  pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan konsumen. Aspek produk dalam kategori baik dapat dilihat pada hasil kuesioner para responden bahwa kafe mampu menjaga kebersihan makanan dan minuman, menjaga kualitas makanan, memberikan variasi makanan namun karena harga para konsumen mayoritas hanya membeli minuman, sehingga variasi makanan tidak terlalu diperhatikan para konsumen. Pengabdian kepada masyarakat ini tujuan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan kinerja karyawan dari Café Fresh Corner yang berlokasi di Jl. Terusan Kendalsari No. 1 Kota Malang dalam upaya bisa bertahan di masa pandemi Covid 19 dan menghadapi era digital saat ini. Strategi yang digunakan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan omzet pada era digital saat ini sangat berbeda dengan era-era sebelumnya. Pada era digital ini lebih banyak memanfaatkan media digital (online) baik itu dari segi promosi, layanan maupun penjualan. Strategi pengembangan usaha yang diberikan adalah dengan cara mendaftarkan Café tersebut ke aplikasi pengantar makanan online seperti Go-Food dan Grab-Food agar konsumen dapat berbelanja secara online. Selain itu, untuk metode promosi lebih baik menggunakan media sosial seperti Facebook (FB) dan Instagram (IG). Metode untuk peningkatan kinerja adalah dengan cara memberikan bonus kepada karyawan yang rajin dan disiplin. Dengan menggunakan model bisnis Canvas dapat meningkatkan kinerja dan angka penjualan dari produk Café Fresh Corner

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-23
Section
Articles