Pemanfaatan, Aplikasi Scratch 3 PEMANFAATAN APLIKASI SCRATCH 3 PADA MATAPELAJARAN BIMBINGAN TIK KELAS IX DI SMP NEGERI 1 AMPEK ANGKEK

Aplikasi Scratch 3

  • muhammad razi alfarisy muhammad UIN SMDD BUKITTINGGI

Abstract

Pada era sekarang perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berkembang sangat pesat. Perkembangan memberikan perubahan kesetiap sektor kegiatan masyarakat juga memberikan perubahan kedalam dunia pendidikan. SMP N 1 Ampek Angkek masih menggunakan kurikulum 2013 dimana terdapat matapelajaran Bimbingan TIK dan media untuk menerapkan pembelajaran menggunakan aplikasi Scratch 3 terbilang sudah cukup memadai dan minat peserta didik sudah mulai menurun. Metode yang peneliti gunakan dalam kegiatan pembelajaran merupakan metode ceramah, demonstrasi, praktik dan angket. Kegiatan ceramah dilaksanakan diawal guna menyampaikan materi pengenalan tampilan, menu dan ikon yang terdapat di dalam aplikasi Scratch 3. Penyebaran angket kepada peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir. Adapun angket yang digunakan mengetahui ketertarikan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Dari data angket yang telah diberikan ada satu aspek yang mendapatkan repon sedikit rendah yakni pada bagian keberanian peserta didik untuk mengungkapkan pendapat dalam pembelajaran TIK. Hal ini menandakan tidak semua peserta didik mampu untuk memberikan pendapat di dalam proses pembelajaran dikarnakan beberapa penyebab salah satunya yakni pendidik kurang memberikan motivasi untuk peserta didik mengikuti pembelajaran. Aplikasi Scratch 3 sebagai pembelajaran kelas IX sangat cocok dan mampu menarik minat belajar peserta didik. pendidik memanfaatkan aplikasi Scratch3 sebagai pengenalan kepada peserta didik mempelajari bahasa pemograman sederhana karana didesain agar mudah dalam penggunaannya. hampir keseluruhan peserta didik menyukai pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Scratch 3, dari segi minat dan pemahaman peserta didik tergolong tinggi hanya saja keberanian untuk mengungkapkan pendapat masih tergolong rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-27
Section
Articles