JASTEN (Jurnal Aplikasi Sains Teknologi Nasional) https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten <p><strong>JASTEN<br></strong>JASTEN merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Jurnal ini merupakan hasil dari hilirisasi kegiatan penelitian pada bidang sains, teknologi dan seni yang diaplikasikan kepada masyarakat. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam 1 Tahun pada bulan April dan Oktober.</p> <p><a href="http://issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1585480702&amp;1&amp;&amp;">e-ISSN : 2747-0598</a></p> <p><strong>Subyek</strong> : Sains, Teknologi dan Seni</p> <p><strong>Akreditasi</strong> : Belum Terakreditasi</p> en-US jasten@scholar.itn.ac.id (Admin Jasten) djoko@lecturer.itn.ac.id (Djoko Hari Praswanto) Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENDAMPINGAN PENINGKATAN PENGELOLAAN SAMPAH DI SMKN 7 JLN SATSUI TUBUN IV KOTA MALANG https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/10055 <p>Tujuan Pendampingan pengolahan sampah&nbsp; ini adalah sosialisasi mulai dari keles sampai pada pembuangan sampah di luar sesuai jenis sampahnya. Kesadaran siswa dalam membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu faktor penting dalam pembelajaran kesehatan lingkungan agar menjadi sehat dan bersih. Dasar dan konsep pengelolaan sampah tidak semata-mata menggunakan teknologi canggih, tetapi lebih membutuhkan perubahan dan pembentukan perilaku dari setiap individu. Pembentukan perilaku individu dalam mengelola sampah secara tepat perlu ditanamkan sejak usia dini, yang merupakan usia emas pembentukan perilaku seseorang, yang akan menjadi lebih mudah dan lebih terlihat hasilnya di usia berikutnya. Pembentukan perilaku mengelola sampah sejak usia dini ini dapat dimulai dari pembentukan kebiasaan memilah dan menempatkan sampah pada tempatnya, yang diharapkan akan menjadi kebiasaan dalam perjalanan hidupnya. Sehingga kebersamaan dalam pengelolaan dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat akan lebih mudah terwujud. Hasil akhir dan solusi yang ditawarkan adalah sosialisasi dan pendampingan kepada para siswa untuk membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan, memisahkan sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3, serta meminimalisir timbulan sampah dengan konsep 3R (<em>Reuse</em>, <em>Reduce,</em> <em>Recycle</em>). Kegiatan sosialisasi secara langsung digantikan dengan penyerahan tempat sampah pemilahan sampah yang akan ditempatkan pada sekolah tersebut.</p> Lies Kurniawati Wulandari, I Wayan Mundra, Hardianto, Munasih, Nenny Roostrianawaty ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/10055 Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0000 PEMANFAAATAN TGS 2442 PEMANFAAATAN TGS 2442 UNTUK PENGAMATAN TEMPERATUR GAS CARBONMONOXIDE (CO) PADA LERENG GUNUNG BERAPI MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/9751 <p>Melalui deteksi permeable zona, kita dapat mengamati aktivitas gunung berapi baik untuk mitigasi maupun panas bumi eksplorasi. Penginderaan jauh di daerah vulkanik&nbsp; mempunyai potensi untuk digunakan untuk perbaikan pemahaman kita tentang proses vulkanik, untuk mendeteksi aktivitas prekursor bahaya gunung berapi , dan untuk menyediakan pemantauan utama data selama kejadian bahaya gunung berapi.</p> <p>Melalui penelitian ini dibuat alat untuk mengidentifikasi emisi gas vulkanik dengan sensor gas karbon monoksida, sensor temperatur, kecepatan angin dan arah angin. Peralatan ini dapat mengidentifikasi perubahan kualitas, temperatur dan pergantian udara di lingkungan pegunungan berapi. Hasil uji coba alat secara keseluruhan pada sensor suhu naik pada siang hari dan turun pada sore hingga malam hari. Sensor gas CO menurun pada jam 14.00.&nbsp; Pada sensor kecepatan angin bertambah naik mulai jam 11.00.&nbsp; Sensor arah angin hasilnya adalah random sesuai tabel uji coba alat. Dapat disimpulkan alat yang dibuat ini sudah berfungsi untuk penginderaan jarak jauh keadaan lereng gunung berapi.</p> <p>&nbsp;</p> MOHAMMAD IBRAHIM ASHARI,ST, MT ibrahim ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/9751 Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0000 FuSM Implementasi Metode Fuzzy State Machine untuk Mengoptimalkan Proses Pengambilan Keputusan dalam Game Verse Seeker https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/8210 <p><em>Fuzzy State Machine</em> (FuSM) menjadi dasar konseptual untuk meningkatkan pengambilan keputusan dalam <em>game Verse Seeker</em>, yang menggabungkan kecerdasan buatan dan karakter <em>non-playable</em> (NPC). Penelitian ini mengeksplorasi keterkaitan antara FSM, <em>Maze Generator</em>, Kecerdasan Buatan, dan integrasi Ayat Al-Qur’an, dengan pendekatan baru untuk mengoptimalkan perilaku NPC. Hipotesis menyatakan bahwa penambahan logika fuzzy pada model FSM meningkatkan adaptabilitas dan kualitas keputusan dalam lingkungan permainan yang kompleks. Metode penelitian melibatkan perancangan dan implementasi FSM hibrida dengan <em>maze generator</em> dan ayat-ayat Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengambilan keputusan NPC, memberikan pengalaman bermain yang lebih mendalam dan dinamis. Penelitian ini berkontribusi pada sinergi antara kecerdasan buatan dan desain permainan, menunjukkan potensi aplikasi logika <em>fuzzy</em> dalam mempertajam interaksi dunia virtual. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menekankan efektivitas model yang diusulkan dalam mengoptimalkan pengambilan keputusan dalam <em>Verse Seeker</em>, membuka peluang untuk pengembangan lebih lanjut dalam permainan yang didukung kecerdasan buatan.</p> Nova Rahma ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/8210 Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0000 SMART FARMING TENAGA SURYA BERBASIS IOT SEBAGAI KONTROL DAN MONITORING IRIGASI PADA KEBUN MANGGA DI KECAMATAN BEJI KABUPATEN PASURUAN https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/9124 <p>Smart Farming dengan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) merupakan jenis sumber energi terbarukan yang saat ini banyak dipakai baik di instansi maupun di masyarakat. Pembangkit ini memiliki potensi untuk menggantikan peran pembangkit listrik fosil yang masih umum digunakan saat ini. Penggunaan PLTS secara khusus cocok untuk aplikasi di sektor pertanian, memberikan peluang kepada para petani untuk memanfaatkan sumber daya energi baru terbarukan (EBT) dengan potensi mencapai 3.686 gigawatt (GW). Dalam upaya meningkatkan efisiensi penggunaan pembangkit listrik tenaga surya diperkenalkan sistem monitoring dan kontrol yang berbasis Internet of Things (IoT). Parameter yang dimonitor melibatkan tegangan, arus, dan daya yang dihasilkan oleh pembangkit, sementara kondisi area pertanian juga dipantau melalui pengukuran suhu dan kelembapan. Beban yang dikontrol oleh sistem ini adalah pompa air irigasi pertanian.</p> Alfarid, Nafi Isbadrianingtyas, Widodo Pudji Muljanto, Michael Ardita, Rizqi Cahyo M Putra ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/9124 Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0000 Maze Of Faith : Shalat yang Sempurna https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/8172 <p>Perkembangan industri game menuntut pengembang untuk menciptakan <br>pengalaman bermain yang lebih mendalam. Dalam konteks ini, penggunaan Finite State <br>Machine (FSM) menjadi solusi yang populer dan efektif dalam mengelola alur cerita <br>serta pengembangan karakter yang lebih terstruktur. Artikel ini membahas konsep dasar <br>FSM dan menggambarkan implementasinya dalam game "Maze of Faith: Shalat yang <br>Sempurna" sebagai sarana edukasi dan hiburan. Penerapan FSM dalam game ini <br>bertujuan untuk meningkatkan dinamika permainan serta memberikan struktur yang <br>jelas dalam perjalanan pemain. Artikel ini secara detail membahas konsep-konsep dasar <br>FSM yang diterapkan dalam permainan, menyoroti bagaimana penggunaan FSM dapat <br>meningkatkan kualitas pengalaman bermain bagi para pemain. Melalui analisis <br>implementasi FSM pada permainan ini, artikel ini menyajikan pemahaman yang lebih <br>dalam tentang bagaimana kerangka kerja FSM dapat digunakan untuk mengatur alur <br>cerita, perilaku karakter, dan dinamika permainan secara keseluruhan. Implementasi <br>FSM dalam "Maze of Faith: Shalat yang Sempurna" membawa dampak positif dalam <br>menciptakan pengalaman bermain yang terstruktur, dinamis, dan relevan dengan <br>ekspektasi pemain modern.</p> Muzzammil Rahmat Edi ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/8172 Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA GAME MUSLIMS EXPLORER’S FAITHFUL MAZE ADVENTURE https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/8170 <p>Perkembangan industri game telah mengalami transformasi yang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Dalam konteks ini, penekanan pengembangan game semakin ditujukan pada pengalaman player yang lebih mendalam dan kompleks. Sebagai tanggapan terhadap tuntutan tersebut, Finite State Machine menjadi salah satu pendekatan yang popular dan efektif dalam menciptakan alur cerita yang terorganisir dan mengelola karakter dengan lebih baik. Dengan menerapkan FSM pada game "<em>Muslims Explorer’s Faithful Maze Adventure"</em> dapat memberikan pengalaman permainan yang lebih dinamis dan terstruktur. Game ini dirancang sebagai sarana dalam edukasi dan hiburan. Adapun, artikel ini akan mengulas konsep-konsep dasar FSM, menggambarkan implementasinya dalam game, dan menyoroti penggunaan FSM dalam meningkatkan kualitas pengalaman bermain.</p> Najah Muchsin Sanin ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/8170 Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0000 INDUCTIVE CHARGING PORTABEL DENGAN PANEL SURYA SEBAGAI PENGISIAN BATERAI HANDPHONE YANG MUDAH DAN PRAKTIS https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/10054 <p>Penggunaan teknologi ponsel tidak dapat dilepaskan dari penggunaan charger. Charger umumnya digunakan membutuhkan energi listrik dari PLN dan generator. Panel surya dapat menjadi solusi sebagai alternatif baru untuk menyediakan sumber energi listrik. Induktif charging yang menggunakan elektromagnetik dalam sistemnya tidak memerlukan kabel saat digunakan. Alat ini menggunakan dua lilitan kumparan, yaitu lilitan primer yang terhubung dengan powerbank, dan lilitan sekunder untuk menerima dan mentransfer tegangan ke beban, dalam hal ini handphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panel surya berfungsi sesuai dengan intensitas sinar matahari. Jika panel surya terkena cahaya matahari yang tidak maksimal atau cuaca berawan, tegangan output yang dihasilkan mengalami penurunan drastis. Baterai powerbank dapat menerima daya dari panel surya dengan baik, sehingga powerbank dapat terisi selama 460 menit dengan tegangan output sebesar 4 volt. Baterai handphone dapat menerima daya dari powerbank dengan rata-rata kenaikan setiap 1% baterai memerlukan waktu 8,5 menit. Sistem pengisian induktif dalam penelitian ini menggunakan panel surya 3 WP dengan sistem pembangkit sinyal gelombang sinus frekuensi 90 kHz dan dua kumparan sebagai sistem transmisi energi berbasis inductive charger.</p> Alfarid, Ni Putu Agustini, M. Ibrahim Ashari, Radimas Putra Muhammad Davi Labib, Zulfikar Zauzi, I Made Wartana, Reza Diharja, Sirojul Hadi, Parama Diptya Widayaka ##submission.copyrightStatement## https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jasten/article/view/10054 Wed, 24 Apr 2024 00:00:00 +0000