PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX DENGAN ALPHA-BETA PRUNING PADA PERMAINAN TIC-TAC-TOE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER

  • Yofhi Fauda Pradana Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Yovi Litanianda Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords: tictactoe, minimax ,alpha-beta pruning, flutter

Abstract

Tic-Tac-Toe merupakan permainan yang hanya dimainkan dengan kertas dan pensil atau alat tulis lainnya atau dengan kata lain masuk kategori genre paper and pencil game. Algoritma minimax dapat digunakan untuk membantu komputer dalam membuat keputusan optimal saat bermain Tic-Tac-Toe. Namun minimax dapat menjadi tidak efektif karena harus memeriksa setiap langkah secara menyeluruh pada permainan dengan banyak pilihan langkah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma minimax dengan alpha-beta pruning dalam permainan Tic-Tac-Toe menggunakan framework Flutter yang mampu menghasilkan permainan Tic-Tac-Toe sebagai langkah pengambilan keputusan komputer untuk memenangkan permainan atau setidaknya seri sehingga membuat pemain merasa seperti berhadapan dengan orang lain. Pengujian dilakukan sebanyak 20 kali dengan komputer dan pengguna bergantian menjadi pemain pertama. Hasilnya, komputer berhasil memenangkan 9 dari 20 kali uji coba, sedangkan pada 11 kali pecobaan lainya mendapatkan hasil seri. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma minimax dengan alpha-beta pruning efektif dalam menentukan langkah optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-26