IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3D DALAM MATA PELAJARAN IPA : SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MENGGUNAKAN METODE ADDIE UNTUK KELAS II SMP BAHAUDDIN
SMP Bahauddin
Abstract
Media pembelajaran memiliki peran dalam proses belajar-mengajar. Guru sering kali memanfaatkan media pembelajaran sebagai alat untuk menyampaikan materi secara lebih efektif kepada siswa. Penggunaan media pembelajaran ini tidak hanya membantu dalam membangkitkan minat dan motivasi baru dalam pembelajaran, tetapi juga berpotensi mempengaruhi aspek psikologis dari proses belajar. SMP Bahauddin adalah salah satu sekolah yang belum menggunakan teknologi media pembelajaran 3D untuk mengajarkan sistem pencernaan, menjadikan guru dan siswa merasa kesulitan dalam menyampaikan serta memahami materi dengan jelas tentang sistem pencernaan manusia, bagaimana proses pencernaan berjalan dari mulut hingga anus. Hal ini menjadi tujuan dalam penelitian agar guru dan siswa terbantu dengan proses belajar mengajar saat menggunakan aplikasi media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang memiliki 5 tahap. Pada pengujian aplikasi menggunakan blackbox dan pengujian user dengan metode pengukuran SUS (System Usability Scale). Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus dari SUS, diperoleh nilai sebesar 87,62%. Berdasarkan standar penilaian skor SUS, aplikasi media pembelajaran animasi 3D sistem pencernaan manusia masuk dalam kategori dapat diterima (acceptable) dan mendapatkan grade A atau sangat baik (excellent).
Downloads
Copyright (c) 2024 JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.