PENGEMBANGAN UI/UX WEBSITE STUDIO FOTOGRAFI
Abstract
Kemajuan teknologi, sistem informasi dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap perkembangan bisnis industri, termasuk industri kreatif seperti fotografi. Pada penelitian ini studio fotografi dan videografi memiliki sudah memiliki website yang kurang optimal karena interface yang tidak menarik, pemesanan yang masih menghubungi contact person, dan landing page yang bergabung dengan bisnis lain membuat pengalaman pengguna kurang optimal. Sebelum melakukan penyempurnaan pada website, perlu dilakukan perbaikan versi awal berupa desain prototype UI/UX untuk website studio fotografi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan desain User Interface (UI) dan User Experience (UX) website studio fotografi menggunakan metode Design Thinking dengan teknik analisis data menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Metode Design Thinking terdiri dari beberapa tahap, yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil pengujian menunjukkan seluruh variabel valid dan reliabel. Evaluasi lebih lanjut dengan User Experience Questionnaire (UEQ), dapat diketahui bahwa aspek daya tarik (attractiveness) mendapatkan nilai sebesar 2,21 (excellent), aspek kejelasan (perspicuity) mendapatkan nilai 2,23 (good), aspek efesiensi (efficiency) mendapatkan nilai 1,84 (good), aspek ketepatan (dependability) mendapatkan nilai 2,06 (excellent), aspek stimulasi (stimulation) mendapatkan 2,27 (excellent), aspek kebaruan (novelty) mendapatkan nilai 2,27 (excellent), maka dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah pengembangan UI/UX Website Studio Fotografi yang sesuai dengan pengalaman pengguna.
Downloads
Copyright (c) 2024 JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.