APLIKASI ANDROID BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK PELANGGAN INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP) BUMDES MURNI JAYA
Abstract
Salah satu platform yang masuk kategori memiliki fleksibilitas tinggi dan mudah di adopsi oleh pelanggan adalah platform mobile. Platform mobile yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah android. Android memiliki kemudahan dari segi perawatan, biaya rendah serta memiliki harga yang terjangkau. Perangkat mobile telah menjadi solusi utama dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan pelanggan dari banyak lembaga maupun perusahaan. Sebagai salah satu penyedia layanan internet, Internet Service Provider (ISP) BUMDes Murni Jaya bertanggung jawab untuk memberikan layanan terbaik dan memastikan kepuasan pelanggan, terutama dalam menghadapi persaingan yang ketat di pasar ISP yang dapat mengakibatkan pelanggan beralih layanan karena kurangnya manajemen yang efektif. Untuk mengatasi tantangan ini, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Android berbasis Customer Relationship Management (CRM) untuk pelanggan ISP BUMDes Murni Jaya. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi pembayaran, riwayat transaksi, dan promosi dengan cepat dan mudah, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas layanan, kepuasan pelanggan, retensi pelanggan, dan keuntungan bisnis secara keseluruhan. Hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan mampu memudahkan pengguna dalam memantau status pembayaran dan menawarkan promo menarik. Aplikasi ini juga memperkuat hubungan antara pelanggan dan perusahaan melalui fitur-fitur seperti layanan pelanggan (Customer Service), yang berkontribusi pada peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, aplikasi ini terbukti meningkatkan kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan.
Downloads
Copyright (c) 2024 JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.