PEMBUATAN APLIKASI PICK-UP & DELIVERY MAKANAN PADA UMKM BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN

  • Kusnadi Kusnadi Teknik Informatika, Universitas Catur Insan Cendekia
  • Rifqi Fahrudin Teknik Informatika, Universitas Catur Insan Cendekia
  • Hafidz Surya Ramadhan Teknik Informatika, Universitas Catur Insan Cendekia
Keywords: pick-up, delivery, UMKM, Goal-Directed Design

Abstract

Teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bisnis jasa. Salah satu bidang yang mengalami pertumbuhan pesat adalah layanan pesan-antar makanan. Di Indonesia, layanan ini menunjukkan pertumbuhan signifikan, yang didorong oleh peningkatan penggunaan ponsel pintar, dan pertumbuhan kelas menengah. Meskipun platform seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood memberikan kemudahan bagi konsumen dan membantu restoran mendapatkan jangkauan pasar lebih luas, biaya layanan dan potongan komisi yang tinggi menjadi beban bagi UMKM seperti Kedai Pisang Banabams. Untuk mengatasi masalah ini, dibuatlah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile yang mengintegrasikan layanan pick-up & delivery khusus untuk Kedai Pisang Banabams. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Goal-Directed Design yang berfokus pada tujuan dan pengalaman pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi mobile yang memungkinkan pelanggan Kedai Pisang Banabams untuk memesan makanan secara online, baik untuk diambil sendiri (pick-up) maupun diantar ke tempat pelanggan (delivery). Hasil implementasi dan pengujian aplikasi menggunakan User Acceptance Test (UAT) yang mendapatkan skor sebesar 87.34%, yang mana hal tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil dibuat sesuai dengan perancangan dan kebutuhan. Hasil dari pengujian tersebut juga menunjukkan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam melakukan pemesanan dan mengurangi waktu tunggu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-16