RANCANG BANGUN APLIKASI POINT OF SALE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN EXTREME PROGRAMMING

STUDI KASUS BERINGIN LAUNDRY PURWAKARTA

  • Rifqi Fadhillah Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta
  • Yudhi Raymond Ramadhan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta
  • Lise Sri Andar Muni Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta
Keywords: Point of Sale, Extreme Programming, Android

Abstract

Beringin Laundry adalah sebuah Usaha Kecil, Mikro, Menengah (UMKM) di bidang laundry di Purwakarta. Dalam mengelola transaksinya, Beringin Laundry masih menggunakan sistem manual yaitu tiap transaksi dicatat dalam nota dan buku besar. Hal ini dapat menjadi kendala, baik dari sisi pelanggan maupun dari sisi pegawai dalam membuat rekap laporan transaksi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah memberi solusi untuk permasalahan tersebut yaitu dengan membuat aplikasi point of sale (POS) untuk mendukung kegiatan pengelolaan transaksi dalam usaha di bidang laundry. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Extreme Programming yang terdiri dari tahapan Planning, Design, Coding, dan Test. Perancangan sistem dibuat dengan Unified Model Language (UML). Aplikasi ini berbasis android yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Javascript yang menggunakan React Native sebagai framework-nya, dan firebase sebagai database-nya. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi point of sale berbasis android yang dapat melakukan pencatatan transaksi, nota digital yang mengurangi penggunaan kertas (paperless), dan pembuatan laporan otomatis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-21