PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI NILAI RAPOR BERBASIS WEBSITE DI SMA INTEGRAL LUQMAN AL-HAKIM
Abstract
Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak yang positif pada bidang pendidikan, sehingga dapat mendukung proses pengolahan data di sekolah. Pengolahan data nilai peserta didik pada banyak sekolah masih dilakukan secara konvensional, salah satunya pada SMA Integral Luqman Al-Hakim. Laporan nilai seluruh mata pelajaran dimasukkan satu persatu dengan menggunakan microsoft excel. Hal itu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengolah nilai tugas, nilai harian, nilai hasil ulangan hingga menjadi nilai rapor. Guru pun mengeluhkan proses input nilai yang tidak efisien, dikarenakan proses input terbatas pada beberapa komputer dan hanya dapat dilakukan di sekolah. Akibatnya, membuat para guru harus mengantri terlebih dulu. Tujuan adanya penelitian ini untuk menghasilkan antarmuka pengguna yang dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan pengguna, serta memberikan pengalaman yang menyenangkan dan intuitif. Sehingga, diharapkan dapat dijadikan rekomendasi untuk diimplementasikan kedepannya. Penelitian ini menggunakan metode design thinking sebagai pedoman dalam merancang antarmuka pengguna aplikasi nilai rapor. Terdapat 5 tahapan metode design thinking antara lain empathize, define, ideate, prototype, dan test. Adapun untuk mendapatkan feedback dari pengguna maka dilakukanlah usability testing menggunakan system usability scale (SUS). Hasil pengujian antarmuka aplikasi nilai rapor yang diujikan kepada 5 orang guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 75,5 yang layak secara usability juga dapat diterima pengguna.
Downloads
Copyright (c) 2024 JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.