PERANCANGAN PROTOTYPE UI/UX MOBILE LEARNING ISLAMI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

  • Nazla Anastasya Priyani Sistem Informasi, Universitas Alma Ata
  • Asti Ratnasari Sistem Informasi, Universitas Alma Ata
Keywords: UI/UX, Design Thinking, Mobile Learning islami, System Usability Scale (SUS)

Abstract

Dalam pendidikan yang terus berkembang, media pembelajaran telah menjadi perhatian pendidik. Salah satunya dengan mobile learning. Seperti contohnya di Yayasan Syahid Al-Ma’arif yang ingin menerapkan pembelajaran dengan mobile learning. Yayasan ini memiliki pembelajaran agama khusunya pembelajaran yang membantu siswa belajar membaca Al-Quran dengan metode tilawati, dan mempelajari doa sehari-hari. Pembelajaran tersebut sudah diterapkan dan sudah berjalan, khususnya di SDIT Toyyibah, namun ada beberapa permasalahan yang dialami siswa seperti kurang bisa memahami materi, kurangnya motivasi untuk belajar, pembelajaran yang dirasa monoton. Maka solusi yang tepat dalam permasalahan ini adalah menciptakan inovasi dan ide untuk memfasilitasi dalam bidang edukasi salah satunya dengan mobile learning islami. Inovasi dan ide tersebut kemudian dikembangkan dengan merancang prototype UI/UX menggunakan metode design thinking, yang nantinya membantu dalam proses pengembangan aplikasi mobile learning islami berbasis android. Berdasarkan pada proses uji coba prototype menggunakan bantuan tools maze dengan 20 responden, diperoleh skor 86, selain itu pada proses usability juga menerapkan 3 aspek yaitu learnability yang memperoleh hasil sebesar 91,79%, efficency yang memperoleh hasil sebesar 0,203654 goal/sec. Dan satisfaction dengan mengunakan kuisoner SUS memperoleh hasil sebesar 86 dengan sisi acceptability ranges termasuk kategori Acceptable, sisi grade scale termasuk kelompok B, dan sisi adjective ratings masuk kedalam kategori Excellent.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-01