APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENANMAN SAYURAN HIDROPONIK

  • Indra Fahrudin Rukmana Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Media Pembelajaran, Android, Sayuran, Hidroponik, Adobe Photoshop CS6, Petani

Abstract

Aplikasi Media Pembelajaran yang menggunakan sistem penyampaian materi berbasis Android diharapkan akan mempermudah penyampaian materi, dimana sebelumnya materi terdapat pada buku dan internet. Materi Pembelajaran yang hanya bersumber pada buku mengurangi pemahaman pembaca karena hanya terdapat teks dan gambar. Hal inilah yang mendasari pemilihan judul skripsi “Aplikasi Media Pembelajaran Penanaman Sayuran Hidroponik Berbasis Android” dengan harapan dapat menjadi solusi untuk membantu petani pemula memahami materi tentang penanaman sayuran dengan cara hidroponik.
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Media pembelajaran penanaman sayuran hidroponik ini dibangun menggunakan aplikasi Android Studio 2.2.2 dan Adobe Photoshop CS6 sehingga proses pembuatan media pembelajaran dapat tercapai. Pada media pembelajaran ini terdapat pengetahuan dasar tentang hidroponik, merakit instalas hidroponik, penanaman dan perawatan, permasalahan dan keuntungan, dan latihan soal.
Aplikasi media pembelajaran ini sudah melalui tahap pegujian dan sudah mendapatkan hasil dari pengujian terserbut. Pengujian dilakukan pada smartphone android dengan versi sistem operasi yang berbeda yaitu android Jelly Bean (4.1.0), Kitkat (4.4.4) dan Nougat (7.1.1).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-02